Langkah – Langkah Mengatasi Handphone Android yang Lemot

Android-hp

Dewasa ini, banyak sekali pengguna handphone Android di Indonesia dari berbagai varian dan merk yang beredar di pasaran. Bahkan bila Anda berjalan di pusat perbelanjaan, maka Anda akan dengan mudah menemukan beberapa orang sedang asik memainkan handphone Android miliknya. Android sendiri merupakan sebuah operation system dengan sistem terbuka yang berbasis linux, dimana OS ini memang diperuntukan untuk mobile device macam smartphone dan tablet PC.

 

Android-Lambat

Tapi nyatanya SmartPhone ini memiliki masalah yang hampir sama, layaknya handphone dengan kemampuan komputer, handphone ini juga dapat menghadapi masalah lemot dalam kinerjanya.

Lemot ini sendiri dapat muncul akibat beberapa faktor, termasuk akibat dari penggunaan sehari hari Anda terhadap handphone Android yang menyebabkan handphone Android Anda akhirnya menjadi lemot.

Akhirnya ini mengganggu kegiatan Anda ketika sedang asyik menggunakan handphone Android Anda. Pasa postingan saya kali ini, saya akan memberitahu sedikit langkah – langkah yang harus Anda lakukan untuk mengembalikan kinerja handphone Android Anda layaknya Anda pertama kali membeli handphone tersebut. Berikut ini tipsnya:

1. Matikan Live Wallpaper

Live-Wallpaper

Live Wallpaper merupakan aplikasi yang disediakan untuk memperindah tampilan wallpaper android anda. Live Wallpaper dapat membuat handphone Anda semakin terlihat cantik dan indah dipandang. Tetapi fitur ini menyedot baterai handphone Anda dan juga membuat performa handphone Android Anda di layar utama menjadi sedikit lamban dalam merespon, terutama ketika Anda akan melakukan scrolling ke atas bawah atau pun ke kanan kiri. Untuk menjaga performa android anda tetap prima gunakanlah wallpaper seperti biasa yang tidak membuat hp anda lambat. Hal tersebut dapat membuat handphone Android Anda berjalan lebih ringan dan lancar.

2. Kurangi Jumlah Widget

Widget merupakan fitur Android yang memungkinkan Anda menempelkan sebuah fungsi di layar utama handphone Android Anda. Namun bila terlalu banyak widget yang dimunculkan di layar utama, maka ini akan ikut mempengaruhi performa handphone Android Anda, terutama ketika Anda mengakses layar utama dari handphone Android Anda. Jadi, ada baiknya Anda mengurangi jumlah widget yang ada di layar utama handphone Android Anda.

3. Tutup Aplikasi yang Tidak Terpakai

Terkadang ada aplikasi yang masih berjalan ketika Anda sudah keluar dari aplikasi tersebut. Aplikasi ini akan memakan memori handphone Android Anda tanpa Anda sadari. Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka semakin berat handphone Android Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksa aplikasi – aplikasi tersebut secara berkala untuk menghindari aplikasi yang tidak tertutup memakan memori handphone Android Anda. 

4. Matikan Fitur Auto Update

Tips-hp-Android-Auto-Update-Apps-lazada-indonesia

Fitur ini merupakan fitur di Play Store yang akan secara otomatis melakukan update dari semua aplikasi yang Anda miliki. Namun terkadang ketika Anda sedang memerlukan penggunaan handphone secara intensif, fitur ini melakukan update secara otomatis dan akhirnya memakan koneksi dan memori handphone Anda. Jadi, sebaiknya Anda mematikan fitur ini dan melakukan update secara manual untuk menghindari handphone Anda kehabisan memori ketika Anda membutuhkannya.

5. Matikan Fitur Auto Brightness

Fitur ini merupakan fitur yang akan membantu Anda mengatur tingkat pencahayaan yang akan dikeluarkan oleh handphone Android Anda. Namun bila Anda sering berpindah – pindah ketika menggunakan handphone Android Anda, fitur ini akhirnya akan membebani kinerja dari handphone Android Anda. Fitur ini membuat handphone untuk melakukan pengaturan dan penyesuaian secara terus menerus sehingga akhirnya memperlambat kinerja handphone Anda. Jadi, sebaiknya Anda mematikan fitur ini untuk mencegah handphone Android Anda bekerja terlalu keras.

6. Pilihlah Memori Eksternal dalam Menampung Program Yang Ingin Diinstall.

Pada saat anda mengunduh aplikasi dan menginstalasi kedalam ponsel anda biasanya penyimpanan akan secara otomatis masuk kedalam memori internal ponsel anda. Atur ulang pengaturan penyimpanan anda, usahakan dipindahkan ke memori eksternal tentunya dengan kapasitas yang lebih besar. Karena kapasitas yang ada di memori internal lebih sedikit. Dan apabila menyimpan file coba untuk masukan kedalam memori eksternal.

7. Gunakan aplikasi ‘History Eraser’

misc_history eraser

Satu cara lagi yang bisa anda lakukan adalah dengan membersihkan cache dari aplikasi – aplikasi yang sudah terinstal. Caranya sangat mudah yaitu dengan menginstal program history eraser. Tentu saja ada banyak aplikasi yang bisa anda pilih dan aplikasi yang terbaik adalah aplikasi yang bisa menghasilkan output optimal. Pada umumnya aplikasi history eraser sangan mudah dijalankan. Yang perlu anda lakukan setelah penginstalan selesai adalah mencentang fitur yang bertuliskan “clear all apps chache”. Hanya dengan satu klik saja aplikasi yang terinstall akan membersihkan semua chache sehingga gadget Android anda tidak akan lemot lagi.

8. Factory Reset

Fitur ini akan mengembalikan semua pengaturan handphone Android Anda ke pengaturan awal, di mana Anda pertama kali menggunakan handphone Android Anda. Fitur ini adalah jalan terakhir, bila handphone Android terlalu lemot dan Anda sudah mencoba berbagai cara (di atas) namun tetap tidak dapat meningkatkan kinerja handphone Anda, maka ini fitur ini adalah cara terakhir yang bisa Anda pilih. Fitur ini akan mengembalikan semua pengaturan termasuk aplikasi yang sudah Anda miliki akan hilang, sehingga Anda harus mengunduh ulang.

Nah, langkah – langkah di atas adalah untuk membantu Anda mengembalikan kinerja handphone Android, terutama ketika handphone Android Anda sudah terasa lemot dan akhirnya mengganggu kinerja handphone Anda. Selain untuk memperbaiki, Anda juga bisa menggunakan langkah langkah di atas untuk mencegah handphone Android Anda menjadi lemot.
Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba^^

sumber: http://aan-shared.blogspot.com/2013/01/tips-meningkatkan-kinerja-handphone.html
http://www.hppulsa.com/tips-cara-mengatasi-android-lemot.html
http://www.teknologiku.info/cara-mudah-mengatasi-ponsel-dan-gadget-android-yang-lambat-atau-lemot.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s