Showa Hanako 2, Robot Cantik untuk Simulasi Praktek Dokter Gigi

Anda pasti pernah sakit gigi bukan? Dan ketika sanak keluarga anda menyuruh anda untuk pergi ke dokter gigi pasti anda akan merasakan takut dan berbagai macam perasaan lainnya. Apalagi jika dokter gigi yang disarankan adalah mereka yang baru saja lulus.

Nah, sebelum berpikiran aneh – aneh tentang apa yang akan terjadi di dalam klinik dokter gigi. Mari kita baca dulu sama – sama postingan saya kali ini.

showa-hanako-2-robot-yang-bertindak-sebagai-pasien-dokter-gigi_350_233

Setelah melihat foto tersebut, apa yang bisa anda tangkap?

Yap, foto tersebut adalah foto yang memperlihatkan tentang kegiatan seorang calon dokter gigi yang berada di Universitas Showa, Jepang, pada pasiennya. Jika kalian berpikir bahwa pasien tersebut adalah seorang manusia, kalian jelas salah. Karena sebenarnya pasien tersebut adalah robot yang didesain sedemikian rupa hingga mirip manusia.

Hanako2

Robot tersebut diberi nama Showa Hanako 2 dimana merupakan keluaran produksi perusahaan robot Tmsuk yang sebelumnya mengeluarkan robot Showa Hanako 1. Tmsuk bersama Industri Orient bekerjasama memproduksi Showa Hanako 2 guna untuk membantu para calon dokter gigi yang tengah membuka praktek agar sebelum benar – benar menghadapi pasien—dalam bentuk manusia sesungguhnya—mereka sudah tidak perlu grogi atau salah dalam melakukan step – step pada pasien tersebut.

Dibanding Showa Hanako 1, robot Showa Hanako 2 dirancang lebih realistis, fungsional, dan lebih mudah digunakan. Jika sebelumnya pada Showa Hanako 1, perusahaan Tmsuk menggunakan bahan PVC untuk kulit robot tersebut, maka untuk robot Showa Hanako 2 ini, Tmsuk menggunakan bahan silikon, dan Industri Orient menyumbangkan suatu teknologi agar lidahnya bisa menyambung langsung dengan organ mulut bagian dalam. Tak ketinggalan, untuk bagian kepala yang sebelumnya hanya bisa bergerak pneumatik, kini kepalanya ditanamkan motor agar bisa menggeleng. Tindakan otonom lain yang bisa dilakukan robot ini antara lain berkedip, melakukan roll pada mata, bersin, batuk, menggoyangkan lidah, tersedak, muntah, menolak untuk membuka mulut, mengeluarkan ucapan ketika ‘merasa sakit’, dan merasakan letih karena terlalu lama membuka mulutnya.

Benar – benar mirip dengan kebiasaan para pasien dokter gigi sungguhan, bukan? Namun, meski begitu, tetap saja ada perbedaan dalam praktek ketika dengan robot tersebut dan manusia sungguhan. Karena para calon dokter gigi dilarang memasukkan air ke dalam mulut robot, hal itu dapat merusak mesin.

Koutaro Maki, profesor dari Showa University School of Dentistry mengatakan, robot ini membantu siswanya belajar. Siswanya merasa seperti tengah berhadapan dengan pasien sunngguhan. Jadi, mereka lebih berhati – hati.

Teknologi lain yang ditanamkan di robot Showa Hanako 2 ini adalah ‘voice recognition’, yakni teknologi yang fungsinya untuk mengenali bahasa manusia. Robot ini nantinya bisa menjawab pertanyaan yang biasa diajukan oleh para dokter gigi ketika memeriksa keadaan pasien. Seperti siapa nama pasien, sakit dibagian mana, apa saja keluhannya, perasaannya, dan lain – lain.

Robot ini dibuat dalam versi wanita karena untuk melatih para calon dokter gigi—terutama lelaki—agar tidak menyentuh bagian dada robot ketika melakukan pemeriksaan. Robot ini juga bisa menganalisa hasil kerja para mahasiswa/i yang tengah melakukan praktek tersebut. Dikatakan juga bahwa robot Showa Hanako 2 ini akan dijual melalui perusahaan Yoshida Dental Company yang biasa menyuplai peralatan untuk dokter gigi.

Untuk lebih jelasnya lagi silahkan anda kunjungi URL berikut untuk melihat seperti apa robot tersebut ketika digunakan untuk simulai praktek para calon dokter gigi:

Nah, para pembaca sekalian, bagaimana pendapat anda tentang robot Showa Hanako 2 tersebut? Masih takut untuk ke dokter gigi? Semoga saja dengan adanya robot tersebut sebagai kelinci percobaan para calon dokter gigi, para pasien yang mengeluh tentang giginya tidak akan lagi takut jika harus pergi ke tempat praktek dokter gigi. Sekian dan semoga bermanfaat^^

sumber:

http://www.tabloidbintang.com/gaya-hidup/tekno/13677-robot-cantik-untuk-praktek-calon-dokter-gigi-.html

http://beritarobot.blogspot.com/2012/03/showa-hanako-2-robot-cantik-untuk.html

http://inspirasi3detik.blogspot.com/2011/09/showa-hanako-2-robot-cantik-untuk.html

http://www.elektromedik.info/2011/12/showa-hanako-2-robot-cewek-simulasi.html

Leave a comment