Layar Ponsel Anti Pecah

hp

Pernahkah handphone, atau tablet anda terjatuh cukup keras? Apa yang anda rasakan setelah melihat keadaan barang tercinta tersebut mengalami goresan atau bahkan layarnya retak atau pecah?

Kini teknologi semakin maju, jika dulu diluncurkan layar anti gores, dua tahun lalu sebenarnya telah diluncurkan layar anti pecah oleh sebuah perusahaan manufaktur kaca bernama Corning yang berbasis di Amerika. Teknologinya disebut di Gorilla Glass. Pabriknya sendiri terletak di Harrodsburg, Kentucky Amerika di Shizuoka, Jepang. Sebenarnya teknologi ini telah dikembangkan sekitar tahun 1950-an. Saat itu laboratorium milik Corning tengah melakukan penelitian untuk membuat lempengan layar yang tipis namun memiliki kekuatan yang tinggi.

Kemampuannya sebenarnya hanya seperti layar pada umumnya, namun ditambah dengan satu kemampuan khusus yaitu tahan pecah. Dikutip dari sebuah majalah selular, pembuktian benar tidaknya kemampuan layar anti pecah tersebut diuji dengan dipasang pada layar tablet Dell Streak. Salah satu staff dari majalah tersebut mengetukkan keras ujung – ujung garpu yang tajam ke layar tersebut, juga menggoreskannya keras – keras. Hasilnya di layar tersebut tidak ada kerusakan ataupun goresan.

ptk tugas blog

Bagaimana Gorilla Glass dibuat sehingga memiliki kemampuan tahan pecah? Gorillah Glass dibuat melalui proses peleburan bahan pembuat kaca dengan tingkat kecermatan tinggi. Pengerjaannya pun dilakukan secara otomatisasi sehingga menghasilkan permukaan kaca yang bersih, halus, rata, dan jernih. Dan pembuatan Gorilla Glass tidak memerlukan proses grinding atau polishing seperti kaca – kaca pada umumnya.

Setelah itu, kaca yang sudah jadi akan melalui proses penukaran ion. Yakni peroses pemberian kekuatan pada kaca secara kimia. Caranya, kaca dicelupkan pada wadah panas yang berisi bahan garam leleh pada suho 400oC. Setelahnya ion sodium dalam jumlah kecil akan terlepas dari kaca dan akan digantikan dengan ion potassium dalam jumlah banyak yang berasal dari lelehan garam tadi. Ion potassium akan melapisi kaca dan akan dimampatkan bersamaan dengan mendinginnya suhu kaca tersebut. Sehingga menghasilkan lapisan yang bertindak bagaikan ‘baju baja’ pada kaca. Proses penukaran ion ini juga yang membuat Gorilla Glass berukuran tipis—sekitar 0,5 mm sampai 2 mm—dan hal tersebut tidak akan mengurangi respon sensitif pada layar sentuh.

Keunggulan lain dari produk ini yaitu bahannya yang mudah dibersihkan. Misalkan dari debu, sidik jari, minyak, dan benar – benar tak meninggalkan goresan. Produk ini juga disebutkan termasuk produk yang ramah lingkungan karena terbuat dari bahan baja ringan dan mampu menampilkan tampilan layar yang tajam sehingga ideal bagi HD dan 3D.

Dengan keunggulan dan kemampuan tersebut, bisa jadi perangkat elektronik yang menggunakan layar Gorilla Glass bisa lebih bebas dan setiap penggunanya tidak perlu khawatir dengan apa yang akan terjadi dengan layar perangkat elektronik mereka. Namun tetap pada diri masing – masing penggunanya, bila memang terlalu memperlakukan dengan kasar maka layar Gorilla Glass tetap bisa pecah, hanya saja dengan penggunaan Gorilla Glass tersebut diharapkan para pengguna merasa aman dengan perangkat elektroniknya bila sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Corning Gorilla Glass ini juga sudah digunakan oleh lebih dari 20 merk ternama ratusan jenis perangkat elektronik seperti Dell Streak, LG Optimus 7, Motorola Droid, Samsung Galaxy Tab dan lainnya.

Sumber: majalah Selular edisi Januari 2011

http://www.selular.co.id/berita/BArticle/2011/08/240/Gorilla-Glass-Layar-Handphone-Anti-Pecah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s